Beranda NTB Tebar 300 Paket Daging Kurban, Kolaborasi 10 Komunitas di Mataram Ikut Raih...

Tebar 300 Paket Daging Kurban, Kolaborasi 10 Komunitas di Mataram Ikut Raih Rekor MURI

178
0

Mataram, ntbone – Kolaborasi 10 Komunitas dari berbagai latar belakang ini dilakukan untuk merayakan Idul Adha 1442 H. Pemotongan hewan kurban dilakukan secara serentak pada 20 Juli 2021 lalu. Terdapat sebanyak 10 ekor kambing yang dibeli dari hasil donasi anggota dan donatur.

Setelah pemotongan, para anggota komunitas ini membagikan total lebih dari 300 paket daging kurban ke warga miskin dan anak yatim di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

Koordinator Acara Febian Rahmandia mengatakan, kolaborasi antar komunitas di Mataram ini menunjukkan tingginya solidaritas antar komunitas meskipun memiliki latar belakang beragam. Apalagi juga dilakukan pada saat pandemi dimana kondisi ekonomi sedang tidak baik.

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari kegiatan yang positif ini. Bisa membagikan daging kurban kepada warga miskin saat pandemi adalah berkah. Bonusnya bisa ikut kegiatan yang memecahkan rekor MURI,” kata Febian di Mataram, Sabtu (24/7).

Dalam kegiatan ini beberapa komunitas nelayan yang terlibat adalah Komunitas Nelayan Jambi Anom dan Komunitas Nelayan Tanjung Luar. Dari Heppiii Community ada Komunitas Sakra Barat ITE, Pokdarwis Besasakan, Komunitas Pemuda Borok Toyang, Komunitas Wanasaba Kreatif, Komunitas Merta Gawah.

Selanjutnya dari Bold Riders hadir komunitas Soltan Joker Lombok dan Semeton Rider Lombok. Dan dari komunitas mancing ada Sasaq Fishing.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ Dalam program sosial ini terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak.

Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yabg digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here