Beranda Nasional TGB: Perindo Dukung Pendiri Al Washliyah Sumut Jadi Pahlawan Nasional

TGB: Perindo Dukung Pendiri Al Washliyah Sumut Jadi Pahlawan Nasional

44
0

Medan, ntbone – Agenda di Medan dimanfaatkan Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi bersilaturahim dengan pengurus PW Al Washliyah Sumatera Utara (Sumut). Partai Perindo memberikan dukungan pendiri Ormas Islam terbesar di tanah Sumatera itu menjadi Pahlawan Nasional.

“Beliau (Arsyad Thalib Lubis) sangat layak untuk mendapat kehormatan tersebut,” katanya di Medan, Kamis (13/10/2022).

Kepada Ketua PW Al Washliyah Sumut H Dedi Iskandar Batubara, TGB menjelaskan, dukungan Partai Perindo ini bagian dari mengenang jasa para pejuang dan syuhada. Sehingga Perjuangan itu dapat diteruskan oleh generasi ini.

“Ya, proses pengusulan ini harus dikawal. Kami dari Perindo akan ikut memantau,” jelasnya.

Cucu Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid ini melanjutkan, peran Ormas Islam di awal kemerdekaan begitu besar. Dalam pergerakannya berpegang teguh kepada kebangsaan dan keislaman.

“Saya datang tak hanya sebagai pimpinan partai, tapi juga datang sebagai pengurus ormas Islam NWDI,” terang TGB.

Selain itu, kata TGB, Al Washliyah juga berperan dalam membangun sumber daya manusia dan mencerdaskan anak bangsa. Hal tersebut dapat dilihat dari lembaga pendidikan yang dibangun sedari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

“Peran dari lembaga-lembaga pendidikan Islam di tanah Sumatera tak dapat dipisahkan dari peran Al Washliyah,” kata mantan Gubernur NTB dua periode ini.

Doktor Ahli Tafsir Alquran ini mengaku, kedatangan ini sekaligus untuk menyambung pohon ilmu antara antara Al Washliyah dan NWDI.

“Tadi dari keterangan beliau (H Dedi Iskandar) mazhab juga sama,” ucapnya.

Kepada Ketua PW Al Washliyah Sumut H Dedi Iskandar Batubara cukup senang dengan kedatangan TGB. Diantara ulama Indonesia yang cukup dikenal dan memiliki jemaah luas adalah TGB.

“Ya, kami selama ini juga memiliki hubungan yang baik dengan Perindo juga,” katanya.

Ia pun membenarkan bila pengusulan gelar Pahlawan Nasional untuk pendiri Al Washliyah sudah diproses.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan ini,” tambahnya.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua DPW Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan bersama seluruh jajaran pengurus.

Untuk diketahui, HM Arsyad Thalib Lubis merupakan ulama kelahiran Stabat, Oktober 1908 dikenal sebagai penulis dan tokoh pendiri Al Jam’iyatul Washliyah atau Al Washliyah. Al Jam’iyatul Washliyah organisasi Islam yang didirikan 30 November 1930.

Arsyad Thalib Lubis tidak dapat dipisahkan dari sejarah tradisi keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Provinsi Sumut. Konstribusinya, bersama Al Jam’iyatul Washliyah dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Turut juga menjaga stabilitas masyarakat dan meningkatkan pendidikan di Sumut adalah merupakan keinginan umat dan berbarengan dengan cita-cita bangsa dalam mencerdaskan rakyat. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here