Beranda Headline Tips #Cari_Aman Ketika Pengendara Melakukan Rem Mendadak

Tips #Cari_Aman Ketika Pengendara Melakukan Rem Mendadak

23
0

Mataram, ntbone – Ketika kita sedang berkendara, tak dapat dipungkiri bahwa bahaya bisa muncul secara tiba-tiba. Salah satu situasi yang cukup riskan adalah ketika kendaraan di depan kita melakukan pengereman secara mendadak.

Meskipun kita tidak dapat mengontrol tindakan pengemudi lain, ada beberapa strategi yang dapat kita lakukan untuk memprediksi dan menghadapi situasi ini dengan lebih aman. Bahaya di jalan raya seringkali tidak memberikan peringatan sebelumnya.

Kita bisa berada dalam situasi yang aman dan tiba-tiba dihadapkan pada kendaraan di depan yang melakukan pengereman secara mendadak. Namun, dengan meningkatkan kesadaran akan lingkungan sekitar, kita bisa lebih siap mengantisipasi bahaya ini.

Cara Menghadapi Pengereman Mendadak
1. Maksimalkan Pandangan Mata
Saat kita sedang mengemudi, penggunaan maksimal mata sangatlah penting. Dengan memperhatikan dengan seksama, kita dapat lebih cepat mendeteksi tanda-tanda bahaya seperti kendaraan di depan yang mengurangi kecepatan atau indikasi pengereman.

2. Fokus dan Konsentrasi
Konsentrasi penuh saat mengemudi merupakan kunci untuk merespons dengan cepat terhadap situasi darurat. Dengan fokus yang baik, kita dapat lebih siap untuk mengambil tindakan yang tepat saat dihadapkan pada situasi pengereman mendadak.

3. Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain
Menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan adalah langkah yang bijaksana. Jarak yang cukup memberi kita waktu reaksi yang lebih baik jika kendaraan di depan melakukan manuver yang tidak terduga.

4. Cari_aman
Konsep “Cari_aman” adalah tentang menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama saat berkendara. Mematuhi aturan lalu lintas dan rambu-rambu jalan adalah bagian dari prinsip ini.

“Maka dari itu pentingnya pelatihan untuk mengantisipasi bahaya melalui seminar atau sosialisasi edukasi Safety Riding. Astra Motor NTB konsisten menyasar berbagai unsur masyarakat untuk tak henti-hentinya mengingatkan bahwa potensi bahaya di jalan raya bisa berasal dari mana saja,” kata Satria Wiman Jaya Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB.

Tidak ada yang lebih baik daripada mempersiapkan diri secara proaktif. Pelatihan keselamatan berkendara seperti yang ditawarkan oleh AHM SRP dan Main Dealer Honda dapat membekali kita dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengidentifikasi serta mengatasi situasi darurat di jalan.

Penting juga untuk selalu menggunakan perlengkapan berkendara yang tepat, seperti jaket, helm, dan perlengkapan keselamatan lainnya yang sesuai dengan standar.

Kendaraan rem mendadak bisa menjadi momen yang menegangkan di jalan raya. Namun, dengan meningkatkan kesadaran, konsentrasi, dan mengikuti prinsip keselamatan berkendara, kita dapat meminimalkan risiko kecelakaan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here