Beranda Headline Tips Honda NTB Ngecas HP di Motor Apakah Aman

Tips Honda NTB Ngecas HP di Motor Apakah Aman

30
0

Mataram, ntbone – Saat ini ada beberapa sepeda motor yang punya fitur pengecasan handphone. Fitur ini membantu pengguna motor, namun memiliki kelemahan yakni bisa bikin aki alias baterai tekor kemudian berpotensi soak.

Fitur pengecasan berupa soket kabel usb, lokasinya beragam tergantung motor, namun pada umumnya terletak di bagasi depan atau di bawah jok. Cara menggunakannya tinggal mencolok kabel cas ke soket lalu pengecasan bisa dilakukan saat berkendara.

Arus listrik fitur ini mengandalkan aki. Agar tidak cepat soak, berikut tips melakukan pengecasan ponsel pada fitur sepeda motor seperti yang dikutip dari website Astra Honda Motor.

1. Jangan Terlalu Sering Digunakan

Walau bisa sangat membantu, fitur pengecasan di motor ada baiknya hanya digunakan dalam keadaan mendesak. Sebaiknya juga pengguna memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk cas hp di motor agar tidak terlalu sering dan menghabiskan energi aki. Terlalu sering menggunakan fitur ini dapat mempercepat aki tekor hingga soak. Hal ini karena konsumsi daya yang terlalu sering dapat melebihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor.

2. Cas Saat Motor Menyala

Sumber energi listrik yang didapat ketika motor diam hanya dari aki, hal tersebut membuat konsumsi terhadap aki menjadi lebih tinggi. Berkaitan dengan itu ada baiknya cas handphone di motor dilakukan ketika motor menyala atau sedang dikendarai. Sumber energi lain ketika motor menyala dapat diperoleh dari aktivitas bahan bakar motor. Hal ini tentu bisa mengurangi daya konsumsi aki yang berlebih ketika cas handphone.

3. Jangan Sembari Digunakan

Pengisian daya akan lebih maksimal jika ponsel tidak dioperasikan saat sedang dicas. Hal tersebut berlaku ketika cas dilakukan di rumah maupun di motor. Konsumsi daya ketika handphone digunakan bisa lebih besar dari daya yang sedang diisi. Hal ini perlu dihindari agar pengisian dapat lebih efektif.

“Diharapkan juga dengan adanya fitur ini pada sepeda motor agar tidak dijadikan sebagai tempat utama dalam pengisian baterai handphone. Sebab hal ini dapat menimbulkan banyak sekali energi yang terserap hanya untuk pengecasan ponsel di motor ya,” kata Satria Wiman Jaya Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here