Touring Makin Menyenangkan dengan #Cari_Aman Saat Naik Motor

0
62

Mataram, ntbone – Kegiatan touring dengan mengendarai motor kesayangan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian agar nyaman dan aman selama perjalanan, mulai dari fisik pengendara yang fit, kondisi kendaraan dan pemahaman terhadap rute jalur jalan yang akan dilalui.

Nah berikut ini adalah tahapan yang harus dipersiapkan agar perjalanan touring Anda semakin aman, nyaman dan berkesan.

Dijelaskan oleh Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB, agar perjalanan touring berjalan lancar seperti yang direncanakan penting sekali bagi kita untuk melakukan beberapa hal berikut mulai dari menentukan jam keberangkatan, jalur yang digunakan, tempat istirahat, pembelian bensin, tempat makan dan juga pembagian tugas pada kelompok touring.

“Apabila melakukan Touring secara kelompok besar jangan lupa untuk membuat ijin secara legal agar perjalanan aman dan lancar. Ijin dalam perjalanan touring ini akan sangat berguna sebab rombongan akan mendapat update jalur perjalanan dan lokasi yang akan dituju dari petugas yang berwenang,” jelas Satria.

Tahapan selanjutnya adalah menentukan petugas yang akan bertanggung jawab selama perjalanan, mulai dari menentukan Road captain yang bertugas memandu rombongan dari titik kumpul hingga tempat tujuan, Sweeper yang bertugas mengatur laju kelompok sesuai arahan dari road captain, Safety officer yang bertugas melakukan breafing kepada peserta dan melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan kendaraan peserta, barang bawaan yang wajar, hingga memastikan perlengkapan berkendara peserta lengkap mulai dari Helm, Jaket, Sarung tangan, Celana panjang, Sepatu dan terpasang dengan benar.

Selanjutnya ada juga Technical officer bertugas memberi bantuan teknis jika terjadi masalah dijalan dab Health officer yang bertugas memberikan bantuan kesehatan kepada peserta jika dibutuhkan dan membawa perlengkapan P3K.

Perlu adanya juga panitia sosialisasi yang akan membantu menyampaikan informasi secara lengkap kepada peserta perjalanan terkait agenda touring yang akan diadakan, mulai dari lokasi tujuan touring, jalur jalan yang akan dipilih menuju ke lokasi tujuan, hingga petugas yang didelegasikan sebagai penanggung jawab selama perjalanan dan juga panitia memberikan form pendaftaran bagi peserta.

Tahapan yang selanjutnya adalah panitia touring mengumpulkan data para peserta yang akan ikut dalam perjalanan touring agar memudahkan panitia dalam mengkordinir estimasi biaya kebutuhan selama perjalanan touring tiap peserta,mulai dari kebutuhan bahan bakar,kebutuhan makan dan minum hingga biaya penginapan bagi para peserta touring.

“Semoga dengan beberapa tahapan persiapan yang telah dijelaskan tersebut dapat membuat touring anda aman, nyaman dan juga berkesan selama perjalanan. Ingat untuk selalu #Cari_Aman selama berkendara dengan mematuhi rambu lalu lintas, marka jalan dan berkendaralah dengan kecepatan yang terkendali,” pungkas Satria. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini