Beranda Headline #Cari_aman Persiapkan Motormu Sebelum Mudik

#Cari_aman Persiapkan Motormu Sebelum Mudik

180
0

Mataram, ntbone – Pemerintah telah memberi lampu hijau bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik ke kampung halaman pada libur hari Raya Idul Fitri tahun ini. Tentunya banyak masyarakat yang antusias merencanakan perjalanan mudik.

Namun jika terpaksa menggunakan sepeda motor, alangkah baiknya untuk melakukan beberapa persiapan dan pemeriksaan sepeda motor supaya perjalanan jadi lebih aman dan nyaman sampai kampung halaman.

Technical Service Manager Astra Motor NTB Anton Prihatno mengatakan hal yang perlu disiapkan pada sepeda motor menjelang berkendara dengan rute Panjang yaitu diantaranya cek bagian pengereman, penerangan, rantai/CVT, ban, aki, filter udara, busi, dan oli.

“Komponen tersebut merupakan hal umum yang wajib mendapat perhatian ekstra sebelum digunakan berkendara dalam perjalanan yang panjang. Pastikan juga motor Anda mendapatkan perawatan yang tepat dari ahlinya dan di bengkel yang terpercaya,” ucap Anton.

Sistem Pengereman
Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada sistem pengereman untuk memastikan seluruh bagian ini masih dalam kondisi normal dan berfungsi dengan baik. Seperti kampas rem, piston, cakram, handel rem, kaliper rem, dan minyak rem.

Sistem Penerangan
Periksa semua kondisi lampu, baik lampu depan, lampu belakang, lampu rem dan juga lampu sein. Pastikan lampu dan saklarnya berfungsi dan dalam kondisi baik.

Rantai/CVT
Jika motor tipe bebek atau sport, maka periksa kondisi rantai dan girnya, apakah ada tanda keausan seperti rantai tidak kencang, tak bergerak dengan lancar atau link – link rantai sudah banyak yang longgar serta mata gir terlihat mulai meruncing.

Jika tanda tersebut terlihat, maka gantilah gir dan rantai dengan yang baru agar performa motor lebih baik dan sepeda motor siap diajak melakukan perjalanan jauh.

Sedangkan untuk motor skutik, maka lakukan pemeriksaan kondisi CVTnya. Seperti komponen pulley, roller serta drive beltnya. Jika drive pulley terlihat banyak penumpukan kotoran maka bersihkan sampai tidak ada lagi kotoran pada area drive pulley. Untuk drive belt pastikan tidak nampak adanya retak-retak dan tidak mulur.

Ban
Pastikan ban depan dan belakang masih dalam kondisi baik. Periksa dan pastikan kembangan ban masih tebal dan tidak ditemukan retakan pada dinding ban. Jangan lupa untuk memastikan tipe, ukuran, serta tekanan angin ban sudah sesuai standar rekomendasi pabrikan.

Busi
Periksa dan pastikan bagian elektroda busi masih dalam kondisi baik agar proses pembakaran di dalam ruang bakar tetap sempurna. Jika busi nampak kotor dan berwarna hitam serta ujung elektrodanya sudah aus, gantilah dengan busi yang baru.

Oli
Karena akan melakukan perjalanan jauh, gantilah oli mesin sesuai dengan spesifikasinya agar komponen mesin dapat bekerja dengan sempurna. Ingat, fungsi oli adalah sebagai pelumas agar mengurangi gesekan antar komponen dalam sepeda motor. Selain itu oli juga berfungsi sebagai peredam getaran dan pendingin agar mesin tetap bekerja pada suhu ideal.

Filter Udara
Lakukan pemeriksaan dan pembersihan pada bagian filter udara. Jika filter masih dalam kondisi bagus, maka cukup lakukan pembersihan. Tapi jika kondisi filter sudah jelek, kotor dan rapuh, ada baiknya lakukan penggantian.

Aki/battery
Pastikan aki atau battery dalam keadaan baik serta pastikan juga tegangan aki sesuai dengan standar pabrikan.
Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor masih dalam kondisi prima, bawalah sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh dari mekanik Honda berpengalaman.

Jika ada komponen yang harus diganti, maka gantilah dengan Honda Genuine Part. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here