Beranda Headline Ini Dia Tips Jitu Untuk Jaga Keawetan Motor Maticmu

Ini Dia Tips Jitu Untuk Jaga Keawetan Motor Maticmu

160
0

Mataram, ntbone – Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sepeda motor matik memberikan kemudahan berkendara baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Walaupun awalnya motor matic itu biasanya dipakai oleh kaum perempuan, namun sekarang ini kaum laki-laki pun juga ikut menggunakan motor matic sebagai transportasi hariannya.

Dengan banyaknya pengguna motor matic karena kemudahan dalam menggunakannya, maka diperlukan perawatan khusus juga untuk menjaga motor matic agar tetap awet, dan dapat selalu siap digunakan pada kondisi yang prima.

Sultan Hartawan selaku Instruktur Technical Service Astra Motor NTB mengatakan, agar sepeda motor matik Anda tetap memiliki performa mesin yang baik, maka beberapa hal ini perlu diperhatikan sebelum berkendara.

“Hal yang paling wajib adalah panaskan mesin motor sekitar 5-10 menit sebelum digunakan untuk beraktivitas ya,” ucap Sultan.

Kemudian saat Anda sedang berkendara, stabilkan kecepatan motor matic dan usahakan tidak melakukan pengegasan secara tiba-tiba. Begitu juga sebaliknya, usahakan tidak melakukan penurunan kecepatan secara mendadak ketika berjalan dengan kecepatan tinggi.

Agar mesin motor matik menjadi lebih awet, lakukanlah pengisian bensin kembali apabila bahan bakar sudah mulai menipis.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya keausan pada mesin. Dan jangan lupa juga untuk melakukan service atau perawatan berkala secara rutin minimal ganti oli motor secara teratur. Jangan lupa perhatikan juga kondisi ACCU dan busi pada motor matic.

Selalu periksa roler dan ventbelt. Apabila komponen sudah tidak layak, usahakan segera diganti dengan spare part yang di rekomendasikan oleh bengkel resmi Honda yaitu AHASS.

“Bersihkan ruang bagian Transmisi dari debu/kotoran lain, ganti Oli Shockbreaker secara berkala. Service motor matic secara berkala di bengkel AHASS terdekat. Hal ini bertujuan agar motor tidak mudah mogok,” tutup Sultan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here