Miliki Banyak Wisata Air, Bupati Lombok Timur: Butuh Keterampilan Penyelamatan di Air

0
186
Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy menyematkan tanda peserta pelatihan. (Dokumen Basarnas)
Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy menyematkan tanda peserta pelatihan. (Dokumen Basarnas)

Lombok Timur, ntbone – Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak destinasi wisata air, berupa air terjun, sungai, danau, dan pantai/laut. Wisata tersebut terletak di daerah Sembalun, Sambelia, Pringgabaya, Labuhan Haji, Sakra Timur, Keruak, Jerowaru, dan lokasi lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy dalam sambutannya saat membuka pelatihan potensi pencarian dan pertolongan (SAR) “teknis pertolongan di permukaan air”, di kantor Bupati Lombok Timur, Senin (22/5/2023).

“Kita butuh keterampilan untuk melaksanakan aktivitas penyelamatan di air,” kata Sukiman.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut prinsipnya bertahap, bertingkat, dan berlanjut, sehingga kemampuan terpelihara. Oleh karena itu, keterampilan yang akan diajarkan akan menumbuhkan keberanian dalam melakukan pertolongan karena mengetahui cara/tekniknya.

“Kemampuan itu mutlak dimiliki oleh orang-orang yang bertugas dibidang penyelamatan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Anggit Mulyo Satoto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hari Adi Purnomo, Staff Direktorat Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas.

Ia mengatakan pelatihan yang digelar oleh Kantor SAR Mataram ini sebagai upaya untuk melaksanakan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta kebijakan kepada potensi SAR dalam mensinergikan pelaksanaan operasi SAR, guna menciptakan pelayanan SAR yang cepat tanggap, efektif, dan efisien dalam menyelamatkan jiwa manusia.

“Dengan berdasarkan core value berakhlak yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,” ujar Hari.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Lombok Timur, Dandim Lombok Timur, Kalak BPBD Lombok Timur, Kepala KUPP Labuhan Lombok, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Lombok Timur, Camat Labuhan Haji, Kepala Desa Labuhan Haji, Dan Pos AL, Ketua SAR Unit Lombok Timur.

Kegiatan dilaksanakan selama enam hari sejak 22 hingga 27 Mei 2023, yang diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai instansi dan organisasi masyarakat. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini