Beranda Pendidikan Perkaya Skill Karyawan, Astra Motor NTB gelar Webinar Photografi

Perkaya Skill Karyawan, Astra Motor NTB gelar Webinar Photografi

125
0
Edukasi foto jurnalistik secara webinar. (Dokumen AHM)
Edukasi foto jurnalistik secara webinar. (Dokumen AHM)

Mataram, ntbone, 14/12/2021 – Main Dealer Astra Motor NTB pada Sabtu (11/12) menggelar edukasi fotografi untuk karyawan internal dan jaringan Dealer Honda NTB.

Kegiatan yang bertema “Seni Sekali Jepret” mengundang seorang narasumber yang sudah ahli dalam bidang jepret menjepret. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkaya soft skill karyawan agar secara mandiri mereka dapat turut mengembangkan bisnis Honda dari kemampuan untuk mengabadikan segala moment dari aktivitas Honda NTB seperti pameran, roadshow, launching, kegiatan CSR, kegiatan showroom event dan lain sebagainya. Webinar ini diikuti oleh puluhan karyawan Dealer Honda di seluruh NTB.

Adapun webinar yang dilakukan ini lebih mengarah pada seni foto sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Foto jurnalistik adalah karya foto yang memadukan unsur visual dan konseptual.

Dalam memotret yang baik dibutuhkan tahapan diantaranya mengetahui subyek dari peristiwa yang akan dipotret, menentukan pesan/ tema foto, menentukan poin of interest dan memilih subyek-subyek pendukung, menetukan teknis fotografi kemudian terakhir baru eksekusi.

Ivan Mardiansyah fotografer asal media Lombok Post mengatakan, dalam dunia foto khususnya foto jurnalistik terdapat parameter untuk menentukan kualitas foto. Diantaranya news value, timing, angle, komposisi, dan lighting.

“Suatu gambar yang baik harus mengandung nilai berita. Nilai berita foto yang tinggi tidak mesti muncul dari peristiwa yang besar. Peristiwa boleh berulang, namun pastikan angle dan moment pemotretan harus beda,” jelas Ivan.

Saat masuk pada sesi QnA, Ivan menerangkan tips dan trick dalam membuat foto yang bagus. Pertama terapkan sistem “ATM” pada diri sendiri yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Minimal A dan T nya dulu, agar Anda bisa sering-sering berlatih.

Karena sejatinya belajar fotografi itu harus banyak prakteknya, sambung Ivan. Kemudian perbanyak literasi dan referensi. Jangan lupa untuk pemula agar tetap peka dan jeli terhadap lingkungan. Kemudian sering-sering untuk hunting dan blusukan untuk memunculkan ide-ide dalam memotret.

Ditambahkan oleh Kresna Murti Dewanto selaku Manager Marketing Astra Motor NTB, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengalaman serta menambah pengetahuan karyawan Honda NTB agar basic dalam foto tak hanya sekedar asal jepret saja, namun tetap mengikuti kaidah dalam foto jurnalistik.

“Image Honda NTB yang baik tentunya juga berkat keaktifan dari jaringan kami dalam memberikan informasi seputar bisnis Honda kepada masyarakat di NTB melalui berbagai platform seperti media cetak, media online hingga sosial media. Harapannya webinar ini semakin mengasah kemampuan pribadi kita agar tetap produktif dalam segala situasi dan kondisi,” tutup Kresna Murti. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here