Beranda Pendidikan Siswa TBSM SMKN 3 Selong Studi Lapangan ke Main Dealer Astra Motor...

Siswa TBSM SMKN 3 Selong Studi Lapangan ke Main Dealer Astra Motor NTB

258
0

Mataram, ntbone – Hubungan kerjasama yang telah dibina dengan baik oleh PT. Astra Honda Motor dan Astra Motor NTB bersama sekolah-sekolah kejuruan yang mengadopsi kurikulum TBSM khususnya yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu fokus Honda untuk dapat menjadikan para siswa yang berkompeten dibidangnya ini menjadi sumber daya manusia unggulan dari generasi ke generasi dan dapat berkembang di dunia kerja dan industry pasca lulus kelak.

Pada Sabtu (03/12) sedikitnya 30 orang siswa SMK Negeri 3 Selong berkesempatan mengunjungi kantor Main Dealer Astra Motor NTB untuk melakukan studi lapangan. Kunjungan yang dikawal oleh 3 orang guru pendamping mendapat sambutan hangat dari pihak Astra Motor NTB.

Sultan Hartawan selaku Instruktur Technical Service Astra Motor NTB mengatakan, kunjungan adik-adik siswa SMKN 3 Selong bukan kali pertama, sebelumnya juga sudah pernah dilakukan dengan tujuan yang sama yakni ingin mengenalkan kondisi bengkel yang terdapat di dunia industry kelak saat mereka sudah lulus.

“Kami giring rombongan siswa dari SMKN 3 Selong ke ruang PDI (Pre Delivery Inspection) agar mereka dapat melihat secara langsung kondisi ruang bengkel selayaknya seperti yang ada di bengkel AHASS. Kami jelaskan juga macam-macam tingkatan training yang terdapat di tahap pembelajaran, mulai dari Technical Training Level 1, Level 2 hingga Level 3,” jelas Sultan.

Untuk ilmu ditingkat level 1 merupakan dasar-dasar Technical Service yang akan didapat siswa sewaktu di bangku sekolah seperti pengenalan bagian-bagian sepeda motor dan maintenance. Kemudian pada level 2 akan berfokus pada repair. Tahapannya adalah perbaikan seperti balancing, perakitan ruji ban dan bongkar pasang mesin dan lain sebagainya. Terakhir adalah level 3. Pada level ini dibutukan skill analisa yang handal.

“Mekanik yang sudah mengikuti tahapan Training hingga level 3, ia akan secara naluri dapat mengetahui kerusakaan apa yang terjadi pada mesin motor cukup di dengar dari bunyinya saja,” lanjut kata Sultan.

Ditambahkan oleh Anton Prihatno kami sangat senang dapat dikunjungi oleh salah satu SMK binaan TBSM Honda.

“Harapannya studi lapangan ini dapat menambah wawasan para siswa serta mampu meningkatkan semangat belajar mereka, karena lulusan SMK siap kami serap di dunia industry,” tutup Anton. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here