Beranda Otomotif Tips Berkendara Bagi Perempuan, Cari Aman saat Naik Sepeda Motor

Tips Berkendara Bagi Perempuan, Cari Aman saat Naik Sepeda Motor

86
0
.
.

Mataram, ntbone – Perempuan memiliki peranan dalam setiap lini masyarakat, untuk mendukung kegiatan sehari-hari perempuan dalam perpindahan tempat satu ke tempat lainnya dibutuhkan moda transportasi.

Banyak dari perempuan memilih untuk berkendara sendiri salah satunya menggunakan sepeda motor. Berkendara aman dengan sepeda motor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena terkadang tanpa kita sadari hal ini dapat meningkatkan potensi bahaya saat berkendara.

Pertama konsentrasi saat berkendara. Menurunnya konsentrasi dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat, kelelahan dan lain sebagainya. Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain.

Salah satu cara mengemudi dengan penuh konsentrasi adalah tidak menggunakan ponsel ketika dan selama berkendara. Maksud dari “penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor tidak terganggu perhatiannya, salah satunya dari penggunaan telepon atau ponsel.

Kedua penggunaan Riding Gear lengkap. Perlengkapan berkendara yang disarankan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan kita seperti menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Beberapa dari perempuan mengabaikan menggunakan perlengkapan berkendara (Riding Gear) seperti helm dengan alasan kurang nyaman digunakan saat berkendara. Padahal helm menjadi hal penting karena berfungsi untuk melindungi kepala kita.

Ketiga membawa barang bawaan. Tentu saat berpergian ladies tak lupa membawa barang bawaan seperti tas. Bagi perempuan beragam model tas yang dapat digunakan sesuai dengan selera, namun ladies perlu kita perhatikan saat memakai tas saat berkendara.

Namun saat ladies membawa tas dan menggunakannya saat naik motor yang dapat mengganggu konsentrasi hingga menimbulkan potensi bahaya lain (tersangkut benda asing yang ada dijalan/kendaraan lain dan tindakan kriminal), disarankan ladies dapat menyimpan tas selama berkendara di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Berkendara dengan sepeda motor memang paling nyaman dan aman menggunakan tas ransel.

Keempat pemilihan penggunaan alas kaki saat berkendara. Sama halnya dengan tas, alas kaki perempuan juga sangat bervariasi modelnya. Namun perlu diperhatikan yang disarankan menggunakan alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki.

Ladies yang gemar menggunakan sandal yang memiliki heels atau hak tinggi karena dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara. Ladies agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman disarankan menggunakan sepatu.

Kelima penggunaan rok saat naik motor. Sering kita jumpai pengendara ataupun penumpang perempuan saat naik sepeda motor menggunakan rok saat berkendara. Penggunaan rok saat naik motor tidak dilarang, namun dalam safety riding disarankan pengguna sepeda motor menggunakan celana panjang saat berkendara.

Menggunakan celana saat naik sepeda motor dinilai akan lebih nyaman dan leluasa bergerak dalam mengendalikan sepeda motor. Ladies bisa menggunakan rok sebagai pengganti jika sudah sampai tempat tujuan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here