Beranda Headline Tips Perawatan Sepeda Motor Honda Secara Rutin

Tips Perawatan Sepeda Motor Honda Secara Rutin

31
0
Perawatan sepeda motor Honda. (AHM)
Perawatan sepeda motor Honda. (AHM)

Mataram, ntbone – Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala akan menjaga performa sepeda motor tetap optimal saat digunakan berkendara di jalan raya.

Selain itu, pemilik sepeda motor juga bisa melakukan pengecekan awal pada komponen yang rusak, sehingga kerusakan lebih parah dan pengeluaran biaya yang lebih tinggi bisa dicegah.

Technical Service Manager Astra Motor NTB Dicky Maulana mengatakan perawatan dan pemeriksaan sepeda motor Honda secara rutin, selain menjaga performa, juga memberikan rasa aman dan nyaman selama menggunakannya.

Tak hanya itu, dengan perawatan dan pemeriksaan secara rutin di bengkel resmi dan jaringan AHASS di seluruh NTB, menjadikan harga purna jual sepeda motor Honda lebih bagus.

“Selain mencegah kerusakan, perawatan dan pemeriksaan rutin sepeda motor Honda di bengkel resmi juga memberikan rasa aman dan nyaman di jalan,” kata Dicky Maulana.

Berikut 6 manfaat yang akan didapat dengan melakukan perawatan berkala sepeda motor secara rutin :

1. Menjaga Performa. Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin, akan menjaga seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi optimal, sehingga performa terbaiknya akan selalu terjaga.

Berjalan waktu, komponen sepeda motor dapat mengalami keausan dan penurunan performa. Dengan perawatan yang tepat seperti membersihkan karburator atau injektor, mengganti filter udara, serta memeriksa kelistrikan motor secara teratur akan membantu menjaga performa mesin tetap baik.

2. Memperpanjang Usia Pakai. Pemeriksaan dan perawatan rutin dapat memperpanjang usia pakai sepeda motor, karena kondisi seluruh komponen sepeda motor selalu terjaga dalam kondisi prima.

Ini termasuk mengganti oli secara teratur, membersihkan filter udara, pemeriksaan ban dan sistem pengereman serta sistem kelistrikan. Di sisi lain, pemeriksaan dan perawatan rutin dapat mengurangi risiko kerusakan pada komponen vital dan menghindari biaya perbaikan yang mahal di masa depan.

3. Mencegah Kerusakan Lebih Parah. Seringkali, masalah kecil pada motor dapat berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan cepat.

Melakukan perawatan rutin sepeda motor memungkinkan deteksi masalah kecil sebelum menjadi masalah yang lebih besar. Misalnya, memeriksa rem secara teratur dan mengganti kampas rem yang aus dapat mencegah keausan berlebihan pada sistem rem sepeda motor.

4. Efisiensi Bahan Bakar. Efisiensi bahan bakar dan penghematan uang dalam jangka panjang bisa dirasakan oleh pemilik sepeda motor saat sepeda motornya selalu dalam kondisi prima. Pada bagian mesin, misalnya.

Saat seluruh bagian mesin sepeda motor bekerja dengan baik, pembakaran bahan bakar akan sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia saat proses pembakaran. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat.

“Peningkatan efisiensi bahan bakar juga didukung oleh bagian sepeda motor lainnya, seperti kondisi ban tekanan angin serta gaya berkendara yang tepat,” ujar Dicky.

5. Mempertahankan Keamanan dan Kenyaman Berkendara. Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Misalnya, memeriksa sistem pengereman secara teratur dan mengganti rem yang aus akan membantu memastikan pengendara memiliki kendali penuh saat berkendara. Selain itu, memeriksa sistem kelistrikan, pencahayaan dan lampu sinyal pada motor juga penting untuk menjaga visibilitas sepeda motor oleh pengendara lain.

6. Harga Jual Terbaik. Kondisi tampilan dan performa sepeda motor yang terjaga dengan baik akan membuat nilai jualnya tetap tinggi jika sewaktu-waktu pemilik sepeda motor akan menjualnya.

Sparepart Manager Astra Motor NTB, Moh. Darunnadwah Aulia menambahkan, perawatan berkala yang wajib dilakukan yaitu penggantian oli minimal setiap jarak tempuh 2.000 km atau pemakaian selama 3 bulan sekali.

AHM Oil hadir dengan kemasan baru 0,65 liter yang pastinya lebih Hemat. Tersedia untuk Honda BeAT, Genio dan Scoopy.

“Pilih oli yang ASLI untuk sepeda motor Honda kesayangan Anda. Lakukan pengecekan dengan 3 tahap ini. Scan kode QR pada kemasan. Lihat kode pengaman, dan saat tutup dibuka akan ada segel hologram. Pastikan Oli ASLI dengan melakukan perawatan di bengkel resmi AHASS ya,” pungkas Darunnadwah. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here