PLN Gelar Simulasi Backup UPS di Area VIP Village Sirkuit Mandalika

0
62

Mataram, ntbone – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) menggelar simulasi backup sistem UPS (Uninterruptible Power Supply) di area VIP Village sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik jelang bergulirnya event balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menjelaskan bahwa simulasi yang dilakukan ini merupakan langkah proaktif PLN dalam memitigasi risiko maupun potensi gangguan yang mungkin terjadi. Ia menyebut pentingnya kesiapan sistem backup guna menjamin pasokan listrik yang andal selama event MotoGP berlangsung.

“Simulasi intern yang dilakukan di area VIP Village ini bertujuan untuk menguji dan memastikan kesiapan sistem backup UPS kami dalam kondisi normal,” katanya.

Menurutnya, simulasi ini penting dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kendala atau permasalahan yang berpotensi mengganggu kelancaran pasokan listrik.

Dalam simulasi ini, PLN melakukan pengetesan jalur backup untuk area VIP Village yang meng-cover lantai dasar (lantai 1) dan lantai 2 dengan skema dari jalur Grid menggunakan backup genset dan perpindahannya berhasil dilaksanakan dengan cukup halus (smooth).

“Dari hasil simulasi tadi, alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala. Setelah ini kami merencanakan untuk melakukan simulasi akhir bersama pihak penyelenggara MotoGP dengan skema pembebanan maksimal sehingga kita bisa mengetahui peralatan backup yang kami miliki ini dapat berfungsi normal,” ujarnya.

Kegiatan simulasi yang dilakukan oleh PLN kali ini adalah bagian dari komitmen PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik pada gelaran bergengsi balapan MotoGP. Djarwo berharap pelaksanaan MotoGP untuk kedua kalinya di Sirkuit Mandalika ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan maupun gangguan apapun.

“Dengan persiapan yang matang dan mitigasi yang telah kami laksanakan, kami memiliki harapan besar agar berlangsungnya event MotoGP di provinsi Nusa Tenggara Barat dapat berjalan dengan sukses dan membawa harum nama Indonesia di kancah dunia,” ucap Sudjarwo. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini