Patroli Polsek Pekat Berhasil Cegah Meluasnya Kebakaran Hutan Gunung Tambora

0
352
Dua anggota polisi berupaya memadamkan api yang membakar rumput dan semak kering di kawasan hutan Taman Nasional Tambora, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB. (Foto Humas Polda NTB)
Dua anggota polisi berupaya memadamkan api yang membakar rumput dan semak kering di kawasan hutan Taman Nasional Tambora, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB. (Foto Humas Polda NTB)

Dompu (NTBOne) – Patroli Polsek Pekat, Polres Dompu, Nusa Tenggara Barat, berhasil mencegah meluasnya kebakaran hutan kawasan Gunung Tambora di areal bagian atas Doroncanga, Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, Rabu (14/8/2019), menjelaskan anggota Polsek Pekat melihat ada sekumpulan asap besar yang diperkirakan di atas pintu 4 ternak PT SMS, pada Selasa (12/8/2019), sekitar pukul 11.00 Wita.

“Melihat kejadian tersebut, anggota Polsek Pekat bersama petugas Balai Taman Nasional Tambora (SPTN II) berkoordinasi dengan anggota MPA dan MMP untuk bergabung di kantor Resort Doroncanga,” katanya.

Selanjutnya, petugas gabungan yang berjumlah 10 orang mempersiapkan logistik, sarana dan prasarana pemadaman pada pukul 14.00 Wita.

Mereka kemudian berangkat menuju lokasi kebakaran dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam karena sulitnya medan dan harus memperbaiki jalan. Bahkan harus menggunakan tali sling supaya mobil dapat melaju.

Sekitar pukul 16.30 Wita, tim gabungan menjumpai salah satu lokasi kebakaran. Mereka mengatur strategi sambil mempersiapkan alat “Jet shooter”. Api akhirnya bisa dipadamkan di tiga titik api yang dijumpai dengan total luas lahan yang terbakar mencapai 18 hektare.

“Tim gabungan berhasil memadamkan api sekitar pukul 18.00 Wita dan langsung menuju Resort Doroncanga dan tiba sekitar pukul 20.30 Wita,” ujar Purnama.

Kapospol Doropeti, Bhabinkamtibmas Desa Soritatanga, Desa Doropeti dan Desa Karombo serta Kanit Intelkam Polsek Pekat masih siaga di Pos Taman Nasional Doroncanga untuk memantau perkembangan situasi.

Polsek Pekat juga meminta kepada pihak Balai Taman Nasional Tambora untuk selalu berkoordinasi jika ada kejadian kebakaran hutan agar dapat bersama-sama turun ke lapangan.

Selain itu, meminta Balai Taman Nasional Tambora agar mempersiapkan sarana pendukung yang memadai mengingat musim panas seperti saat ini biasanya tetap rawan terjadinya kebakaran hutan.

Anggota Polsek Pekat juga siap turun bersama dengan petugas taman nasional jika ada terjadi kebakaran hutan dan lahan. (Mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here